Rabu, 07 April 2010

VISUAL COACHING


Menghasilkan seorang juara sejati dalam cabang olahraga tidak dapat dicapai dalam waktu yang singkat, atau diperoleh melalui jalan pintas. Dalil ini telah disepakati oleh para ahli olahraga di seluruh dunia. Oleh karena itu, apa bila kita sebagai pelatih ingin menghasilkan seorang juara, proses pembinaannya harus berjenjang dan berkelanjutan, serta dilakukan secara professional.

Profesionalisme seorang pelatih tidak saja ditunjukkan melalui kemampuannya melatih tetapi juga harus diikuti dengan penguasaan dan kualitas model serta jenis latihan yang sesuai dengan sasaran prestasi yang ingin dicapai. Jenis latihan dan model pelatihan semestinya tersusun secara sistematik, terukur, dan memperhatikan dasar-dasar fisiologis serta tertuang ke dalam sebuah program latihan yang komprehensif. Pelatih yang professional selain ditandai oleh kinerja optimal berdasarkan pengalaman sebagai atlet juga harus dilengkapi dengan ilmu pengetahuan yang dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas pelatihannya.

Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kepelatihan sudah menjadi keharusan karena merupakan tuntutan jaman. Berbagai peralatan teknologi sudah tersedia, tergantung bagaimana seorang pelatih memanfaatkannya. Teknologi yang telah berkembang saat ini meliputi: teknologi pengukuran potensi fisik, teknologi pengukur kualitas kinerja fisik dan teknologi kepelatihan serta teknologi peralatan olahraga. Salah satu teknologi yang sekarang tengah berkembang adalah pemanfaatan teknologi komputer sebagai media untuk melakukan analisis berbagai aspek yang berhubungan dengan prestasi olahraga, contohnya adalah perangkat lunak Visual Coaching Profesional.

DESKRIPSI SINGKAT VISUAL COACHING
Visual Coaching Profesional: (VCpro) adalah perangkat lunak yang dikembangkan para ilmuwan keolahragaan Australia. Perangkat ini ini berisi berbagai macam model latihan pengembangan fisik sesuai dengan kebutuhan atau tujuan latihan yang dilakukan.
Kebutuhan latihan yang dimaksud di antaranya meliputi:
1. Latihan dengan tujuan untuk melatih otot-otot tertentu (tubuh bagian atas, togok atau tubuh bagian bawah, tubuh bagian depan atau belakang)
2. Latihan dengan pembebanan tubuh sendiri
3. Latihan beban (Olympic style weightlifting)
4. Pengembangan power dan latihan plyometric
5. Latihan dengan kombinasi lari
6. Latihan di air
7. Peregangan pasif ( Stretches – passives)
8. Peregangan dinamis (Stretches – dynamics)
9. Massage
10. Latihan kombinasi
Di samping jenis latihan menurut kebutuhan seperti yang sudah diuraikan di atas, VCpro juga dapat menampilkan latihan dalam kondisi tertentu, seperti:
1. Latihan dalam bidang gerak (sagital, frontal, transversal)
2. Aktivitas khusus seperti: keseimbangan, kelincahan dll.
3. Tipe gerak (fleksi, ekstensi, abduksi, adduksi, tipe kontraksi)
4. Stance (gerak/posisi kaki)
Dalam bagian berikut ini akan dikemukakan beberapa tampilan penting dalam VCpro, meliputi:


Manfaat Penggunaan Perangkat Lunak VCpro:
1. Memuat sejumlah 6500 variasi latihan
2. Pemilihan variasi latihan dapat dilakukan berdasar kebutuhan dan faktor fisiologis yang diperlukan tiap cabang olahraga.
3. Penyusunan program latihan yang terpadu (harian, mingguan dan tahunan)
4. Dapat menganalisis program yang dibuat (kesesuaian dengan atlet)
5. Dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan cabang olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar